Rabu, 06 Februari 2008

Just Start It!!!

Seorang temen pernah bilang, “Semua ada prosesnya, ada yang prosesnya cepet ada yang prosesnya lambat, yang penting kita berani mulai dan berani mempertahankan keberlangsungannya”

Apa hubungannya sama global warming?

Yup, as we know klo global warming tuh emang permasalahan dunia yang emang susyeh banget klo mau kita antisipasi sendirian. Ya secara, namanya juga “global” bukan “local” hehe. Tapi hey dude, kita ini warga dunia! Walau cuma satu dari sekian miliar penduduk dunia, tapi kita juga ikut berkontribusi kok untuk melakukan perubahan.

Ada sebuah cerita tentang seseorang yang ingin mengubah dunia, tapi setelah bertahun-tahun ia tak berhasil. Setelah ia evaluasi, ternyata ia harus memulainya dari negaranya. Maka mulailah ia berusaha mengubah negaranya. Tapi lagi-lagi setelah bertahun-tahun ia gagal. Ia tak menyerah, kali ini ia melihat bahwa ia harus mengubah masyarakat di sekitarnya terlebih dahulu sebelum mengubah negaranya. Ia pun mulai berusaha mengubah masyarakat di sekitarnya. Namun, ya… ia gagal lagi. Ia tetap gigih, sekarang giliran keluarganya yang ia anggap sebagai sesuatu yang harus ia ubah terlebih dahulu sebelum mengubah masyarakat. Dan ia pun berusaha mengubah keluarganya. Tapi lagi-lagi ia gagal. Dan di akhir hayatnya ia baru menyadari bahwa ia seharusnya mengubahn dirinya terlebih dahulu sebelum mengubah semuanya.

Jadi, kita mulai dari diri kita ya… baru ke keluarga sebagai lingkungan terdekat kita, lalu ke masyarakat baru ke negara dan kemudian dunia. Terasa demikian besar ya? Terasa begitu idealis ya? Tapi memang seperti itu semuanya berproses. Saya yakin proses itu nggak makan waktu yang sedikit, bahkan sangat mungkin klo ternyata kita udah pergi dari dunia ini sebelum kita ngeliat hasil dari jerih payah kita untuk ikut mencegah tuh global warming. Tapi berbanggalah, kita bisa jadi bagian dari solusi, tanpa perlu merasa jadi pahlawan.

Mulai aja dari hal-hal simple kayak matiin lampu pas mau tidur, matiin barang elektronik yang nggak kita pakai. Mengurangi penggunaan hal-hal yang nggak terlalu dibutuhin yang malah jadi sampah kayak pembungkus kado, kantong plastik, dll. Atau buat yang merokok, mulai hidup sehat yuk dengan berhenti merokok! Buat yang pakai kendaraan, rawat baik-baik kendaraannya biar emisinya juga nggak berlebihan, atau mulai berpikir untuk pakai sepeda or jalan kaki? Hehe klo jalan kaki 10 km sih gempor juga yah!

Ya, kata temen yang lain, “Kalau kita nggak bisa jadi problem solver ya jangan jadi problem maker!

Tidak ada komentar: