Sabtu, 09 Februari 2008

2000 Pulau Di Indonesia Bakal Hilang?

Mungkin udah ada yang tahu kalau sedikitnya 23 pulau di Indonesia tenggelam dalam 10 tahun terakhir akibat pemanasan global. Kalau kata Prof. Dr. Emil Salim, salah satu pakar lingkungan hidup di Indonesia, pulau yang tenggelam itu memang pada umumnya bukan pulau yang berpenghuni.

Tapi bayangin, kalau pemanasan global terus berlanjut sampai bertahun-tahun kemudian... sekitar tahun 2030 diperkirakan akan ada 2000 pulau kecil di Indonesia yang tenggelam!!! Yup, karena memang salah satu dampak pemanasan global adalah naiknya permukaan air laut. Tahu kan, kalau tinggi muka laut di seluruh dunia telah meningkat 10 - 25 cm (4 - 10 inchi) selama abad ke-20, dan para ilmuan IPCC memprediksi peningkatan lebih lanjut 9 - 88 cm (4 - 35 inchi) pada abad ke-21.

Jadi, untuk pulau dengan ketinggian yang hanya beberapa meter (seperti kebanyakan pulau di Samudera Pasifik) kemungkinan besar akan segera menghilang jika pemanasan global tak juga dihentikan.

Nggak cuma itu, mungkin aja semakin lama kita juga harus aware kalau-kalau pulau-pulau besar ikut-ikutan terendam (seperti Jakarta yang banjirnya semakin parah). So kita nanti hidup di mana ya?

Tapi kita harus tetap yakin kalau bersama-sama kita bisa kok menanggulangi dan mencegah dampak dari pemanasan global ini agar tak semakin meluas. Asaaal... beneran kita mau berusaha!

Semangat!!!

(diambil dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar: