Selasa, 12 Februari 2008

Indonesia Berprestasi!!!

Ternyata Indonesia bisa berprestasi juga!!!??? Eits, tapi ternyata prestasinya bukan prestasi yang menyenangkan :(

Jadi inilah prestasi Indonesia di kancah per-global warming-an:

  1. Peringkat keempat sebagai pembuang emisi gas rumah kaca (greenhouse gas/ GHG) di dunia.
  2. Peringkat ketiga penyebab pemanasan global jika berdasar indikator konversi lahan dan perusakan hutan.
Wak wak... emang sih negara pembuang emisi gas rumah kaca pertama diduduki Amerika Serikat (AS), disusul China dan Uni Eropa yang merangkum 25 negara. Sementara di bawah Indonesia, ada Brasil, Rusia, dan terakhir India. Tapi tahu nggak kalau Amerika Serikat, China dan Uni Eropa membuang emisi gas rumah kaca dari apa? Mayoritasnya dari industri!!! Sementara Indonesia? Ya... apalagi kalau bukan dari pembakaran hutannya... hiks.. hiks...


Dan as we know kalau hutannya Indonesia itu adalah yang terbesar kedua setelah hutan Amazone, jadi sebenernya Indonesia dengan hutannya itu harusnya sangat bermanfaat untuk mengurangi gas penyebab efek rumah kaca. Tapi ternyata kalau tidak dikelola dengan baik, yang seharusnya baik malah berakibat buruk ya?

Jadi kita dukung dan doakan saja ya moga pemerintah yang masih memposisikan masalah lingkungan di prioritas keempat dapat menyelesaikan masalah ini. Hingga Indonesia justru berprestasi sebagai negara yang paling bermanfaat bagi dunia sebagai pemilik area hutan yang dapat mengurangi emisi gas penyebab pemanasan global.

Lebih lengkapnya, baca di sini

Tidak ada komentar: